RAISSA (Remaja Islam SMANSA)







Remaja Islam Smansa (RAISSA) sebagai sebuah wadah pembinaan bagi generasi muda SMA Negeri 1 Kota Jambi khususnya. Dengan semakin kompleksnya permasalahan yang terjadi pada diri para remaja muslim  harus menjadi perhatian khusus bagi semua elemen, karena remaja ini lah yang nantinya akan mengisi dan melanjutkan kepemimpinan negeri ini. Remaja Islam SMA Negeri 1 Kota Jambi akan turut ambil bagian dalam mendukung pendidikan generasi muda, yakni dengan mengarahkan generasi muda agar terlibat dalam hal-hal yang positif serta melakukan pembinaan sehingga generasi muda memiliki bekal pemahaman yang baik untuk berakhlak dan berprilaku yang baik pula.

Raissa terbentuk pada awal april 1992. Berdirinya Raissa hanya bermodalkan pertemanan baik yang dilakukan oleh alumni smansa pada waktu itu yang  sering ngobrol soal agama dan sering mendengar kajian-kajian yang diadakan lembaga dakwah dan terbentuk sekelompok remaja taklim smansa. Berawal dari situ tercetus lah nama Remaja Islam Smansa atau disingkat dengan Raissa awalnya hanya terdiri dari sekitar 30 orang, Dengan berjalannya waktu jumlah anggota semakin bertambah, Sekarang Raissa telah mempunyai kajian-kajian rutin setiap hari jum'at, Khusus untuk ikhwan dan akhwatnya biasanya saat pulang sekolah, di mushola SMA negeri 1 Kota Jambi.
Salah satu program kerja Raissa adalah kegiatan yang membuat anggota lebih mengenali Sang Pencipta melalui alam yaitu Tafakur alam. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kegiatan mengenal Allah melalui ciptaan-Nya ini dilaksanakan alam terbuka. Pesertanya juga tidak cuma anggota Raissa yang bukan dari anggota juga bisa mengikutinya, Bahkan ada dari sekolah lain. Kegiatan yang dimulai dari Siraman Rohani tentang Mengenal Allah lebih dekat, serta ada games yang seru-seru, outbound, kreatifitas, dan Muhassabah.

Selain itu Raissa juga memiliki program yang dinamakan SEMARAK ini merupakan salah satu prokernya divisi PSDM dan merupakan acara tahunan Raissa. ini dilaksanakan untuk  mengenal Raissa lebih jauh yang nantinya bertujuan untuk merekrut kader-kader Raissa. Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan tentang Islam. Acara ini di khususkan untuk siswa-siswi baru. Selain pengenalan Raissa dan Materi, di acara ini ada juga Gamesnya dan diakhiri dengan Muhassabah. Di kegiatan hari besar agama Islam Raissa mempunyai peranan penting dan terlibat langsung didalamnya seperti pada saat memperingati maulid nabi,kegiatan pesantren kilat dan kegiatan Islami lainya. Selain melakukan kajian dan menghapal Al-Quran perminggu, ada juga kegiatan seperti Rujak Party, Bedah Buku, Nonton Bareng, dan Kreatifitas yang kita laksanakan di setiap minggunya. 
Rita Asma S.pd selaku pembina Mengatakan tujuan dari Raissa yaitu menambahkan nilai-nilai islam kepada remaja yang muslim dismansa, Pada saat ini karakter remaja islami sudah luntur ,banyak remaja islami yang melakukan hal hal yang tidak dianjurkan oleh agama,salah satunya adalah perbuatan berpacaran atau berduaan di tempat yang sepi ,banyak remaja perempuan yang menggunakan pakaian yang tidak menutup aurat dan pergi ke tempat hiburan malam. oleh karena itu kita harus merubah ahklak remaja tersebut menjadi lebih baik ,kita harus memberi pendidikan karakter yang dapat diberikan kepada remaja .agar para remaja bisa di beri nilai nilai religius supaya bisa menjadi manusia yang peka terhadap lingkungan sosial.

Rita Asma menambahkan anak remaja Islami jaman sekarang sudah mulai banyak yang terpengaruh oleh budaya barat. Apalagi di bidang penampilan. Mereka menggunakan busana yang seharusnya mereka tidak pakai, yaitu busana yang mini dan terlihat auratnya.Tidak hanya penampilan, di bidang keagamaan juga. Mereka sering meninggalkan Sholat dan jarang membaca Al-Qur’an hanya karena mereka tengah sibuk membaca novel, BBM, Twitter, Facebook, atau sosial media lainnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)