Sudah Banyak Makan Asam Garam di Dunia Pendidikan


·        Dodi Pariadi, S.Pd., M.Pd.


  •  Pendidik di SMA Negeri 1 Jambi Selama 10 Tahun
  •  Dekat dengan Anak didik
Sudah banyak makan asam di dunia pendidikan dan sudah berpengalaman menjadi kepala sekolah, sebutan ini pantas diberikan kepada Dodi Pariadi, S.Pd., M.Pd. Bapak yang ramah dan gaul ini  resmi dilantik menjadi  Kepala SMA Negeri 1 Kota Jambi  pada (8/10) lalu.
             Bapak yang sudah 27 tahun menjadi guru ini bukanlah orang baru lagi di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Ia mulai mengabdikan diri di SMA tertua di “Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” ini dari tahun 1997 sampai tahun 2007. Tahun 2007 sampai tahun 2011 beliau menjadi kepala SMA Negeri 10 Jambi. Kemudian tahun 2011 sampai 8 Oktober 2012 menjadi kepala SMA Negeri 3  yang merupakan sekolah favorit di “Tanah Pilih Pesako Tuah” Kota Jambi.
            Selama kepemimpinannya di SMA Negeri 3 Kota Jambi, banyak prestasi yang digapai anak didiknya. Bahkan anak didiknya berhasil menjadi juara pertama OPSI (olimpiade penelitian siswa Indonesia) di Jakarta tahun 2011 lalu.  Ini semua berkat bimbingan dan kepiawaiannya dalam memberi masukan dan memotivasi guru pembimbing serta anak didiknya.
            Bapak yang mempunyai  hoby bermain bulu tangkis ini mengajar mata pelajaran Matematika. Beliau sebelum diangkat menjadi kepala sekolah dipercaya menjadi wakil kesiswaan kurang lebih selama lima tahun. Saat itu, ia sangat dekat dengan warga SMANSA khususnya dengan anak didik. Kegiatan ekstrakurikuler berjalan baik dan lancar, ia selalu berada di belakang semua kegiatan tersebut.
            Dalam hal kedisiplinan mengajar Bapak lulusan S2 ini dapat diacungi jempol. Sesibuk apapun kegiatannya dikesiswaan ia lebih mengutamakan mengajar. Ia mempunyai prinsip, tugas utama guru adalah mengajar. Bahkan saat menjadi kepala SMA Negeri 10 dan SMA Negeri 3 ia tetap mengajar, kecuali ada tugas penting yang tak dapat diwakilkan.
            Program Bapak dengan tiga anak ini di SMA Negeri 1 Kota Jambi adalah menjadikan sekolah yang ia pimpin menjadi sekolah bertaraf internasional. Dengan cara melaksanakan program-program yang sudah ada dan akan menambah serta merevisi program yang ada agar SMA Negeri 1 Kota Jambi sesegera mungkin menjadi SMA Bertaraf Internasional.
            Titik berat yang beliau prioritaskan yaitu kegiatan pembelajaran dapat berjalan lancar. Untuk itu ia mengharapkan kepada tenaga pendidik dan kependidikan mendukung kegiatan tersebut. Untuk kegiatan siswa yakni OSIS, ia akan mendukungnya. Karena kegiatan OSIS merupakan wadah anak didik dalam berkreativitas.
            Dalam acara serah terima kepala sekolah (9/10) lalu di auditorium SMA Negeri Kota Jambi ia mengatakan, untuk melaksanakan program sekolah semua pihak harus bekerja sama dalam memajukan sekolah. Karena tugas sebagai guru mengajar dan mendidik serta melayani anak didik semaksimal mungkin akhirnya dapat mengantarkannya ke jenjang pendidikan lebih tinggi.
            Lanjutnya, ia mengingatkan kepada tenaga pendidik dan kependidikan bahwa tugas kepala sekolah adalah menyusun dan melaksanakan semua kegiatan sekolah agar dapat berjalan dengan baik. Untuk itu ia mohon dukungan dari semua pihak dalam menjalankan programnya. Termasuk juga tugas kepala sekolah yaitu “memarahi” guru yang tidak disiplin dalam menjalankan tugas, tegasnya.
            Mari dukung progaram kepala sekolah yang baru. Selamat datang kembali  Pak Dodi Pariadi, S.Pd., M.Pd. di SMA Negeri 1 Kota Jambi. (Tim info-smansa)     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)