SMA NEGERI 1 JAMBI RAIH JUARA 1 LCT FISIKA UNJA


Berkat semangat dan kerja keras Alhamdulillah, SMA Negeri  1 Jambi memperoleh JUARA I dan JUARA HARAPAN II LCT (Lomba Cerdas Tangkas) Fisika SMA se-Kojabahari. Pemberangkatan ke sembilan peserta LCT dilaksanakan pada sabtu pagi (28/01) pukul 08.30 WIB menggunakan mobil dinas SMAN 1 Kota Jambi.


Pembukaan dihadiri oleh seluruh peserta LCT Fisika SMA Se-Kojabahari, Olimpiade Fisika SMP Se-Provinsi Jambi, Lomba Cerpen dan Puisi, serta LOmba Media Pembelajaran bagi mahasiswa. Pembukaan berlangsung meriah dihadiri oleh Dekan FKIP Universitas Jambi Dra. Zurweni, M.Si., Ketua Prodi. Pend. Fisika Dra. Astalini, M.Si., Ketua IMAPEFSI Sdr. Nazri Afandi, Ketua Panitia Bintang Fisika Turino Adi Irawan, Beberapa Dosen Fisika, dan para guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Antusiasme sekolah cukup tinggi dalam LCT Fisika yang baru pertama kali diadakan oleh UNJA ini. Hal tersebut tampak dari hampir semua sekolah mengirimkan 2 tim, dan bahkan ada satu sekolah yang mengirimkan hingga tiga tim yaitu SMA Negeri  1 Jambi. Setelah pembukaan berlangsung, peserta dibagi ke dalam dua tempat, LCT di Aula Rektorat Lt. III, sedangkan Olimpiade Fisika SMP di Balairung UNJA. Pengambilan undian dilakukan sebelum babak penyisihan dimulai. Dan hasilnya, tim 1 bertanding pada sesi pertama, namun cukup disayangkan tim 2 dan 3 dari bertemu dalam 1 pertandingan pada sesi 4.

Babak penyisihan dimulai pada hari Sabtu (28/01) pukul 10.30 WIB. Babak penyisihan dibagi dalam dua babak yaitu babak wajib dan babak rebutan. Babak wajib terdiri atas 10 soal dan hanya boleh dijawab oleh tim. Dengan  waktu menjawab soal 20 detik terhitung setelah soal dibacakan. Jawaban benar diberi nilai 100 dan jawaban salah bernilai 0. Dalam aturan pertandingan, soal dibacakan 2 kali namun di tengah-tengah pertandingan tampaknya panitia tidak menjalankan regulasi tersebut.
Babak rebutan terdiri dari 20 soal yang wajib dijawab oleh regu yang merebut soal. Jawaban benar bernilai 100 dan jawaban salah mendapat pengurangan nilai 50. Berikut perolehan skor tim 1, 2, dan 3 SMA Negeri  1 Jambi pada babak penyisihan.

Adapun hal yang cukup disayangkan dalam hal ini ialah bahwa regulasi yang dibuat panitia tampaknya tidak siap dengan skenario pemisahan dua atau tiga sekolah yang berkemungkinan bertemu pada satu sesi. Hal ini sangat disayangkan karena sudah pasti salah satu tim akan hanya datang untuk “mati”, dan ini terbukti dengan bertemunya tim 2 dan 3 dari SMAN 1 pada sesi 4 babak penyisihan. Alhasil, tim 3 terpaksa kalah walau dari hasil pertandingan sudah tampak jelas bahwa tim 2 dan 3 SMAN 1 memperoleh juara 1 dan 2. 
 
Negosiasi ulang telah dilakukan dengan panitia hingga ke seluruh guru pendamping. Namun, pertandingan tetap dilanjutkan dengan kesepakatan awal yang menggantungkan keberuntungan pertandingan pada undian. Terdapat 5 tim dari 3 sekolah yang bertanding di babak final, yaitu SMAN 1 dua tim, MAN Cendikia 2 tim, dan SMA Xaverius I tim. Sebelum pertandingan dimulai pada pukul 14.00 WIB dilakukan pencabutan nomor undian untuk penomoran regu. Berikut hasil pertandingan pada babak final.
Penutupan  yang dihadiri oleh seluruh peserta Bintang Fisika 2012 ini ditutup oleh ketua Panitia, Ketua Imapefsi, dan Ketua Prodi. Pend. Fisika yang diwakilkan oleh seorang dosen Fisika. Pembagian hadiah berupa tropi dan piagam penghargaan berlangsung suka cita dan penuh kebahagiaan. Berikut dokumentasi penyerahan tropi Juara 1 dan Juara Harapan 1 LCT Fisika SMA Se-Kojabahari.
Dra. Rita Asma selaku Pembina LCT Fisika sekaligus Guru Fisika SMA Negeri 1 Jambi mengatakan,  Kepada siswa-siswi SMA Negeri  1 Jambi, semoga semakin banyak mengukir prestasi baik dalam ajang kota, provinsi, nasional, maupun internasional. Kepada Ade, Yanfa’uni, Rofino, Ihsan, Hanif, Hillary, Resti, Pasca, dan Rania, kami selaku Pembina dan atas nama SMA Negeri 1  Jambi mengucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi atas kerja keras kalian, semoga kalian selalu sukses dan dalam kemenangan.

Nur Hamid Hadi Kepala SMA Negeri 1 Jambi ketika diminta tanggapan atas prestasi yang diraih atas sekolah yang dipimpinnya mengatakan, keberhasilan anak didiknya meraih berkat kerja keras dari anak didiknya dan bimbingan yang dilakukan guru fisika.
Lanjutnya, ia mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya. (Ipul/Info.smansa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)