SMA 1 JAMBI UNDANG BPKP





·         Pemantapan PKG (Penilaian Kinerja Guru)
·         Tausyiah Mendidik Anak Sukses Bahagia 

Bagian Pertama Pukul (07.30 s.d. 09.00) Pembicara BPKP
Jambi (3/9), “Mewujudkan Tata Kelola Sekolah yang Baik Sebagai Bagian Good Governance” itulah tema BPKP (Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan) Provinsi Jambi dihadapan Majelis Guru dan staf tata usaha di SMA Negeri 1 Jambi (11/8) lalu.
Penyampai materi Kabid Pengawasan BPKP provinsi Jambi Setya Nugraha beserta stafnya Ida Swastika. Setya Nugraha menjelaskan, ia diminta oleh Nur Hamid Hadi Kepala SMA Negeri 1 Jambi untuk menjadi pembicara. Biasanya instansi pemerintah merasa ketar-ketir bila didatangi oleh BPKP, tapi ke SMA Negeri 1 ini malah diundang. Baru kali ini ia diundang oleh pihak sekolah di Provinsi Jambi.
Materi dari BPKP yakni menejemen keuangan sekolah, prinsip menejemen keuangan yang baik, kondisi keuangan sekolah, dan membuat rumusan misi sekolah. Setelah penjelasan materi, diadakan sesi pertanyaan. Pertanyaan bertubi-tubi disampaikan oleh hadirin.
Ketika ditanya Info-smansa.com, tentang inisiatif kepala sekolah mengundang BPKP ke SMA Negeri 1 Jambi. “Tujuan sekolah mengundang BPKP agar pengelolaan keuangan sekolah dapat dimenej dengan baik, transfaran, dan akuntabel. Kita tidak ingin dalam pengelolaan keuangan berurusan dengan aparat penegak hukum. Karena uang yang dikelola adalah uang masyarakat,” tegasnya.
Nur Hamid Hadi juga menjelaskan, ke depan di sekolah yang ia pimpin akan melaporkan penggunaan keuangan baik dari pemerintah maupun orang tua secara terbuka. Laporan keuangan tersebut akan ditempel di papan pengumuman, dapat dilihat oleh semua orang.
Bagian kedua pukul  (09.30 s.d. 10.00) Pembicara Wakil PKG
            SMA Negeri 1 Jambi termasuk salah satu sekolah di provinsi Jambi menjadi contoh PKG (Penilaian Kinerja Guru). Kepercayaan ini diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemdikbud. Irwansyah Wakil Kepala PKG memberikan informasi hal-hal yang berhubungan dengan PKG.
            Ia menjelaskan tentang tata cara PKG. Karena hal ini berhubungan dengan keberlangsungan penerimaan tunjangan pungsional guru. Mulai bulan September tahun ini akan dimulai PKG di SMA Negeri 1 jambi. Lanjutnya, diantara guru-guru di sekolah ini akan menjadi tentor PKG.
Bagian ketiga pukul (10.00 s.d. 12.15) Tim Air Mata Bandung
            SMA Negeri 1 Jambi mengadakan “Spritual Jurney and Hipnoteaching” mendatang pembicara dari kota “kembang” Bandung.
            Tausyiah siraman rohani disampaikan untuk guru-guru dan staf tata usaha. Hadirin mendengarkan dengan khidmat penjelasan yang disampaikan. Metode yang disampaikan dalam tausyiah sangat menarik. Hal ini merupakan siraman rohani untuk membentengi diri dari perbuatan yang dilarang Allah SWT.
Acara ini diakhiri dengan muhasyabah. Merupakan renungan apa yang telah dikerjakan selama hidup dan persiapan menghadapi kematian. Sebagian besar hadirin bercucuran air matanya.
(Tim info-smansa.com)   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)