Ujian Nasional (CBT) 2015



Ujian Nasional (UN) berbasis Komputer (computer based test/CBT) dilaksanakan di beberapa sekolah di Kota Jambi.Pelaksanaan UN CBT ditetapkan melaui SK dari Kemendiknas. UN CBT yang pertama ini masih menemui beberapa masalah meski pada akhirnya bisa diatasi dan tergantung kesiapan dari masing-masing sekolah. Masalah yang muncul langsung direspons lantaran tidak ingin UN CBT benar-benar dilaksanakan justru amburadul.
SMA  Negeri 1 Kota Jambi,salah satu contohnya yang melaksanakan UN CBT. SMA yang merupakan sekolah tertua di Kota Jambi  ini juga melaksanakan UN CBT bagi 239 murid kelas XII yang terdiri dari 180 Jurusan IPA dan 59 Jurusan IPS. UN CBT kemarin bukanlah sebagai penentuan kelulusan.Sejak tahun ini UN hanya berfungsi sebagai  pemetaan kualitas pendidikan secara Nasional. Peserta UN dapat mengulang untuk memperbaiki nilai dengan syarat nilai yang diperolehnya lebih kecil dari  5,5  lewat ujian perbaikan pada tahun berikutnya. Itupun jika siswa bersangkutan mau mengulangnya.
Di SMA Negeri 1 Kota Jambi UN CBT dibagi dalam 3 sesi. Ada 2 ruangan digunakan yang dilengkapi sejumlah unit komputer dan laptop sebagai cadangan. Ruangan diisi  sebanyak 34 dan 46 siswa.”Pelaksanaan UN berjalan dengan baik. Hanya saja pada sesi 1 terdapat 3 komputer klien mengalami kendala dengan koneksi server sekolah. Berkat kesiapan dan kesigapan panitia hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengatasinya. Masalah lain sebelum sesi 1 berakhir sempat terjadi pemadaman listrik sekitar 3 menit namun semua dapat diatasi ,” kata Wakasek Bidang Humas Irwansyah, kemarin. 
Annisa Puspa Zulida kelas XII IPA 2 Siswi SMA Negeri 1 Kota Jambi menuturkan,UN CBT yang pertama  ini lebih nyaman dan asik dibandingkan dengan UN manual. Awalnya sempat tegang namun setelah mengerjakan soal terasa lebih enjoy, Perbedaanya terasa sekali  karena hanya fokus pada layar komputer tidak lagi seperti UN manual dengan mengunakan kertas membulatkan jawaban yang sedikit memakan waktu, Soal-soal yang di UN CBT sudah pernah dipelajari sebelumnya, Tingkat kesulitan masih sebatas kewajaran “ Enaknya UN tahun depan tetap melaksanakan system CBT.”Ujar  Annisa”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)