Juara 1 Karya Ilmiah Remaja (KIR)

Karya Ilmiah Remaja (KIR) bukan karya hayalan. Oleh karena itu seorang yang ingin menyusun KIR tidak bisa hanya dengan menghayal langsung bisa menyusun KIR. Mereka harus membekali diri dengan dasar-dasar ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang garapan KIR yang akan dikerjakan. Yang paling penting untuk diperhatikan yang ingin menyusun KIR harus menanyakan dirinya sendiri: Apakah saya punya modal motivasi yang cukup besar untuk bisa menyusun KIR? Itulah, itulah ungkapan dari Yayi Gamma Maribanawati.

Gadis lincah ini, kelahiran Pekanbaru, 24 Maret 1999 silam. Yayi panggilan akrab teman-temannya di SMA Negeri 1 Kota. Belum lama ini, menyabet juara I lomba KIR yang diadakan Bappeda Kota Jambi. “Alhamdulillah dapat juara pertama, mendapat piala, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar dua juta rupiah,” ungkapnya.

Yayi menjelaskan, judul Karya Tulis Ilmiahnya,”Mengupayakan Merah Menjadi Atsiri”. Awalnya, Cuma iseng ngeremas daun pucuk merah, ternyata beraroma enak di hidung. Setelah diproses lebih lanjut, ternyata pucuk merah ada kandungan minyak atsiri. 

“Iseng awalnya, jadi penasaran. Minyak atsiri merupakan bahan dasar pembuat aroma terapi, parfum, dan lain sebagainya. Kemudian daun atsiri disuling,” jelas buah hati Ir. Suripto. 

Lomba KIR ini diikuti seluruh sekolah yang ada di Kota Jambi. Kemudian panitia  pelaksana, menyeleksi sebanyak delapan orang untuk mempresentasekan Karya ilmiahnya. 

“Tanggal 30 Mei 2016, karya tulis dipresentasekan dihadapan dewan juri,” ungkap Yayi.
Gadis cantik berhijab ini, bercita-cita melanjutkan ke fakultas Teknik Lingkungan. Karena sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Kita belajar bagaimana caranya untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan lingkungan dengan pendekatan teknik. Jadi, ibaratnya ilmu-ilmu jurusan teknik lingkungan ini adalah ‘perisai’ bagi kesehatan masyarakat. 


“Menyadarkan masyarakat, bahwa kebersihan lingkungan sangat berkaitan erat kesehatan individu dan masyarakat,” pungkas Yayi mengakhiri pembicaraan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)