SMA Negri 1 Jambi Memperingati Tahun Baru Islam 1434 H




  •  Ceramah Agama


Jumat (16/11) Seluruh Siswa/i SMA Negeri 1 Jambi berkumpul di lapangan upacara untuk  mendengarkan ceramah agama yang dilakukan rutin setiap hari Jumat.Penceramah  ustadzah Dr.Ir.Rainiyati  dalam ceramah nya  mengangkat tema tentang  Tahun Baru Islam 1434 H  pentingnya Siswa/i untuk lebih mengenal makna Tahun Baru Islam/Hijriyah dalam perspektif masing-masing individu. Di era kehidupan modern saat ini Siswa/i muslim khususnya di SMA Negeri 1 Jambi, lebih banyak mengenal peringatan Tahun Baru Masehi daripada Tahun Baru Islam itu sendiri. Umumnya umat muslim di Indonesia kurang antusias dalam memperingati hari tersebut.


Salah satu faktor penyebab utamanya adalah peringatan Tahun Baru Islam ini belum bisa menyatu dengan kebudayaan masyarakat. Apalagi di era modernisasi sekarang ini pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia juga sangatlah besar. Sehingga tidaklah aneh, apabila mayoritas masyarakat muslim kini lebih banyak mengenal Tahun Baru Masehi yang juga dirayakan oleh masyarakat di seluruh dunia.


Bagi kita umat Islam di Indonesia, sudah tidak relevan lagi berhijrah berbondong-bondong seperti jijrahnya Rasul, mengingat kita sudah bertempat tinggal di negeri yang aman, di negeri yang dijamin kebebasannya untuk beragama, namun kita wajib untuk hijrah dalam makna “hijratun nafsiah” dan “hijratul amaliyah” yaitu perpindahan secara spiritual dan intelektual, perpindahan dari kekufuran kepada keimanan, dengan meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam beribadah, perpindahan dari kebodohan kepada peningkatan ilmu, perpindahan dari kemiskinan kepada kecukupan secara ekonomi, dengan kerja keras dan tawakal.

Semoga dalam memasuki Tahun Baru Hijria 1434  Hijriyah ini, semangat hijrah Rasulullah SAW, tetap mengilhami jiwa kita menuju kepada keadaan yang lebih baik dalam segala bidang, sehingga predikat yang buruk yang selama ini dialamatkan kepada umat Islam akan hilang dengan sendirinya, dan pada gilirannya kita diakui sebagai  umat yang terbaik, baik agamanya, baik kepribadiannya, baik moralnya, tinggi intelektualnya dan terpuji.( info-smansa)  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)