Memperingati Hari Pendidikan Dan Kartini 2016




Mentari pagi bersinar terang ,SMA Negeri 1 Kota Jambi melaksanakan kegiatan upacara bendera memperingati Hari Kartini. Upacara bendera berjalan dengan hikmat, ada pemadangan yang tidak seperti biasanya seluruh peserta mengenakan kebaya dan batik. 


Upacara memperingati Hari Kartini ini dilaksanakan tepat tanggal 21 April 2016. Seluruh petugas upacara adalah siswi SMA N 1 Kota Jambi, dari petugas lapangan sampai Pembina upacara semua adalah Wanita. Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab sebagai wanita Indonesia penerus perjuangan Raden Ajeng Kartini.


Pembina upacara (Ibu Dra. Sapti Sri Rahayu) menyampaikan sejarah Raden Ajeng Kartini. Beliau menjelaskan bahwa 121 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 21 April 1879 Raden Ajeng Kartini dilahirkan di Jepara(Jawa Tengah).RA. Kartini hanya sempat memperoleh pendidikan sampai E.L.S. (Europese Lagere School) atau tingkat sekolah dasar walaupun sebenarnya RA. Kartini sangat menginginkan dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi, namun orang tuanya tidak memperbolehkan. Setamat E.L.S, Kartini pun dipingit sebagaimana kebiasaan atau adat-istiadat yang berlaku di tempat kelahirannya dimana setelah seorang wanita menamatkan sekolah di tingkat sekolah dasar, gadis tersebut harus menjalani masa pingitan sampai tiba saatnya untuk menikah.Kartini, perjuanganmu takkan sia-sia, karena sekarang banyak muncul Kartini-kartini muda yang hebat sebagai penerus perjuanganmu.
Peringatan hari Kartini, R.A Kartini sebagai pejuang wanita dalam memperjuangkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender.Dengan perjuangan RA. Kartini ,dunia pendidikan di Indonesia dan hak-hak perempuan  menjadi seperti sekarang ini ,dan tanggal itu menjadi tanggal yang sangat bermakna bagi wanita. Manfaatnya dapat dirasakan oleh kaum perempuan sehingga dapat berkiprah di berbagai dunia kerja seperti saat ini.

Upacara dimulai pukul 07.00 sampai  selesai. Sehabis upacara guru dan siswa berhoto selfie ,Tidak seperti biasanya terlihat di ruang guru para guru dan staf TU menikmati sarapan pagi bersama. Semoga dapat memaknai pentingnya hari Kartini dan menjadi kan kartini sebagai panutan tokoh pendidikan perempuan Indonesia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)