Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA ) Gerakan Pramuka SMANSA Tahun 2012



·         Persami (Perkemahan Sabtu -Minggu)
·         Api Unggun


 Jambi, Sabtu (20/10) bertempat di SMA Negeri 1 Kota Jambi Siswa/I kelas X melaksanakan kegiatan penerimaan tamu ambalan (PTA) Tahun 2012. Kegiatan dibuka pada pukul 14.00  dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh kepala sekolah  Dodi Pariadi selaku KAMABIGUS
Dalam amanatnya KAMABIGUS menyampaikan  agar kegiatan PTA ini berjalan dengan aman  tanpa ada sesuatu hal rintangan. Semoga gerakan pramuka smansa gugus depan 04-383/04-384 dengan nama  Datuk Darah Putih dan Putri Ayu , mampu mandiri sekaligus menjalankan kegiatan sesuai dengan pengamalan  Dasa  Dharma dan Tri Satya pramuka.
Rangkain kegiatan  dilakukan dan hingga akhirnya pada acara puncak yaitu upacara api unggun, semua siswa/i  berbentuk lingkaran mengelilingi api unggun, susana meriah ketika api sudah menyala besar,teriakan yel-yel dan nyayian serta games meyemarakan susana.
Setelah api unggun selsesai siswa/i kembali ketempat penginapan masing-masing yang telah ditentukan, dan bersiap-siap menganyam bulu mata.
Keesokan harinya setelah sarapan dan senam pagi, siswa/i bergegas kelapangan guna mengikuti upacara penutupan dan pindah golongan, upacara ditutup oleh pembina pramuka sekaligus melakukan penyiraman secara simbolis menandakan Siswa/i telah SAH menjadi Ambalan Pramuka smansa pada golongan penegak.
Dalam Kepramukaan penerimaan Tamu Ambalan (PTA) merupakan kegiatan yang wajib bagi  siswa/I baru untuk melakukan pindah golongan, dari golongan penggalang yaitu  SMP ke golongan penegak yaitu SMA Selain itu juga dapat memperkenalkan ekstrakulikuler  kepada siswa.
 Tujuan  dilaksanakanya kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA) yaitu :
1.       Menarik minat siswa/i dalam ekstra kulikuler Pramuka
2.       Memberikan penjelasan tentang struktur ambalan
3.       Memperdalam wawasan siswa/i tentang kepramukaan
4.       Menanam nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya.

Selamat datang Ambalan Pramuka Smansa ,Semoga Pramuka Smansa Selalu eksis dan tetap jaya (Info-smansa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAISSA (Remaja Islam SMANSA)

Pemilihan Menjelis Perwakilan Kelas (MPK)